Jumlah Fans

Senin, 07 Maret 2011

Kehidupan SMA/Xenophilius XII-PPB(01)

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yang terhormat Bapak dan Ibu Guru

Serta teman-teman yang saya cintai

Pertama tama marilah kita bersyukur kepada Allah swt. karena pada pagi hari ini kita masih diberi kesehatan sehingga kita dapat melaksanakan ujian praktik ini dengan keadaan sehat.

Pada kesempatan ini saya akan membahas masa masa SMA. Banyak orang berkata bahwa kehidupan SMA adalah momen terindah dalam hidup. Hal itu memang benar,masa SMA adalah masa yang paling bahagia, dan masa yang akan terus terkenang sepanjang hidup kita.

Berdasarkan pengalaman saya selama 2 tahun menimba ilmu,di masa inilah kita mencari jati diri, menjalin persahabatan, dan berusaha menyesuaikan emosi menuju kedewasaan.Masa inilah yang akan menentukan akan jadi seperti apa hidup kita nanti.

Pada masa SMA,kita dituntut untuk menuntut ilmu setinggi mungkin dan bersosialisasi,hal ini dapat menunjukkan bahwa dunia SMA sesungguhnya merupakan pencerminan dari dunia nyata,dengan menuntut ilmu secara rajin dan mudah bersosialisasi,maka prestasi yang baik dapat diraih,sedangkan bila tidak menuntut ilmu secara rajin dan jarang bersosialisasi,kemungkinan prestasi yang didapat tidak terlalu baik .

Masa SMA memiliki persamaan dan perbedaan dengan masa dewasa,hal yang identik dengan masa SMA dan masa dewasa adalah keinginan individu untuk mencari pasangan/berpacaran,karena pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial yang ingin mempunyai teman untuk berbagi.

Hal yang membedakan siswa SMA dengan orang dewasa yang sudah bekerja adalah orang dewasa mendapat uang sementara siswa SMA mengeluarkan uang,siswa SMA masih terikat dengan seragam putih abu-abu berikut topi, dasi, dan sepatu sementara orang dewasa tidak.

Pemikiran anak SMA sudah seperti orang dewasa, apalagi siswa kelas XII yang mengikuti UNAS untuk mempertahankan kehormatan diri, keluarga, sekolah. Masalah UNAS belum selesai datang lagi masalah dengan pemilihan universitas melalui PMDK atau yang berganti nama menjadi SNMPTN Undangan.

Siswa SMA merupakan manusia yang sedang dan akan mengalami masa peralihan ke dunia yang sebenarnya, saat-saat inilah yang paling menentukan kehidupan kita, karena kita harus membuat pilihan yang kita harapkan akan kita tapaki dengan sukses di masa yang akan datang. Tapi, menentukan jurusan tak semudah membalikkan telapak tangan, kita dituntut untuk memilih jurusan yang sesuai dengan keinginan kita dan juga bakat kita.

Perselisihan dengan orang tua dan guru juga kerap dihadapi,misalnya pada saat orangtua meminta anaknya untuk memilih jurusan yang dikehendaki oleh orang tua,namun sang anak tidak berminat dengan jurusan itu,hal ini dapat menyebabkan perselisahan,contoh lainnya apabila ada seorang siswa yang tidak mengerti tentang sesuatu hal kemudian bertanya kepada gurunya,namun guru itu tidak suka dengan pertanyaan sang siswa,sehingga guru itu mencap anak itu bodoh.Hal-hal itu dapat menyebabkan ketidakpercayaan antara siswa dengan orang di sekitarnya yang dapat menurunkan prestasi siswa.Hal ini dapat menjadi cara untuk melatih kesabaran siswa dalam menghadapi dunia.

Dalam menjalani kehidupan di SMA,setiap siswa dapat diibaratkan seperti seorang tentara yang akan pergi ke medan perang,jika tentara berperang untuk membela negara secara diplomatik dan langsung,siswa SMA berperang dengan setiap masalah dan dilema dalam sekolah yang membentuk pribadi menjadi berkualitas.Dalam perjalanan menuju perang itu siswa harus dibimbing dan dilatih oleh orang di sekitarnya agar dapat berprestasi

Contoh yang nyata apabila seorang siswa mengambil langkah yang salah seperti kasus korupsi yang terjadi di negeri ini,sesungguhnya segala bentuk korupsi yang terjadi di negeri ini berakar dari ketidakpedulian para koruptor terhadap kondisi negeri ini dan sikap acuh dari orang-orang terdekat pada masa lalunya yang seharusnya membimbingnya untuk menjadi pribadi yang berjasa bagi negeri ini,sedangkan contoh langkah yang benar ditunjukkan oleh beberapa tokoh seperti Sri Mulyani dan B.J.Habibie,mereka merupakan pakar dari bidang masing-masing yang telah merencanakan masa depan mereka sejak dini sehingga kegiatan mereka kini menghasilkan hal yang berguna bagi bangsa dan negara.

Oleh karena itu, agar masa SMA bisa dimanfaatkan dengan baik, pada masa ini seorang siswa harus mengambil langkah yang benar dan selalu mendapatkan bimbingan dari orang di sekitarnya, bila kedua hal itu tidak dilakukan dapat mencelakakan dirinya dan mungkin juga orang-orang di sekitarnya.

Demikian gambaran kehidupan SMA menurut saya.Saya harap bermanfaat bagi kita semua,apabila ada kekurangan dan salah kata dalam penyampaian saya mohon maaf. Wassalamualaikum wr. Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar