Jumlah Fans

Selasa, 08 Maret 2011

Masalah

Masalah?? Siapa Takut
Dalam kehidupan ini, semua manusia mempunyai hidupnya masing-masing. Mereka juga mempunyai jalan dan cara sendiri untuk menjalani kehidupan mereka. Tapi, satu hal yang semua orang di dunia ini tahu, tidak ada seorang manusia-pun di dunia yang tidak mempunyai masalah. Saat satu masalah selesai maka akan datang masalah yang lain. Demikian terus silih berganti.
Mungkin pernah kita bertanya pada Tuhan, Kenapa harus kita yang mendapat masalah seperti ini? Kenapa bukan orang lain? Kenapa Tuhan tidak pernah membiarkan kita hidup tenang? Kenapa hidup kita susah?
Nah, sekarang coba kita membayangkan hidup kita tenang dan tanpa masalah. Selalu bahagia dan selalu mendapat yang kita mau dan kita inginkan. Dan kita tidak pernah merasakan rasanya jatuh atau terluka. Tidak akan pernah ada yang namanya tantangan dalam hidup. Semuanya berjalan dengan mulus dan tanpa perjuangan.
Apakah itu yang namanya hidup??
Kalau menurut saya pribadi, itu bukanlah hidup. Hidup yang sesungguhnya adalah saat kita menghadapi ritme hidup ini baik naik maupun turun. Saat kita mendapat tantangan atau masalah yang menghadang kemudian kita menghadapinya, itulah hidup. Saat kita mendapat tantangan atau masalah yang menghadang tanpa kita sadari akan timbul semangat dari diri kita untuk segera menyelesaikannya, karena kita yakin bahwa setelah kesusahan pasti ada kebahagiaan. Semangat itulah yang membuat hidup kita semua menjadi hidup dan berwarna. Semangat yang membawa kita kepada kebahagiaan.
Apa kita rela menghilangkan semangat itu? Dan apa kita rela untuk menghapus warna kehidupan kita itu? Jujur, kalau saya tidak akan rela untuk menghilangkan bahkan melepaskan semangat itu. Saya masih membutuhkan warna-warni itu untuk membuat hidup saya menjadi hidup.
Bukankah masalah yang datang silih berganti itu adalah sebuah pelajaran dalam hidup kita yang akan membuat kita menjadi lebih baik dan lebih baik lagi?. Membuat kita menjadi orang yang lebih bijak lagi? Dan membuat kita menjadi lebih dewasa?
Selain itu, kita semua pasti pernah merasakan suasana saat kita sudah benar-benar jatuh dan terpuruk atau saat kita benar-benar sedih, kemudian datang suatu kebahagiaan kecil. Tapi, kita langsung merasa gembira akan kebahagiaan itu. Mungkin, di lain waktu kita bilang itu sesuatu yang biasa. Tapi, beda halnya ketika kita sedang mengalami penderitaan dan masalah. Itulah masalah. Dia membuat kita menjadi lebih bisa bersyukur akan apa yang kita peroleh dan apa yang kita miliki. Bukankah Tuhan sendiri sudah berfirman bahwa apabila kita bersyukur maka Dia akan menambahkan nikmat kepada kita? Jadi, buat apa kita takut terhadap datangnya masalah. Padahal masalah itu sendiri adalah kunci menuju nikmat dan kebahagiaan yang lebih besar lagi.
Kita semua juga pasti pernah merasakan bagaimana bahagia, gembira, dan leganya kita saat telah selesai melalui suatu masalah? Indah bukan perasaan itu? Seorang ibu tidak akan pernah merasakan betapa bahagianya beliau dapat melahirkan seorang anak apabila beliau tidak pernah mengalami betapa menderitanya ketika hamil dan betapa menderitanya beliau ketika melahirkan. Begitu halnya dengan kita, kita tidak akan pernah dinyatakan lulus ujian kalau kita bahkan tidak pernah sekalipun ikut ujian.
Aneh, kalau ada orang yang bilang bahwa hidup itu mudah. Karena sebenarnya hidup itu susah dan penuh masalah, tapi itulah hidup. Hidup tidak akan berwarna dan bersemangat tanpa masalah. Tapi, kitalah yang harus merubah masalah itu menjadi mudah dan menyenangkan.
Hidup ini penuh dengan warna. Entah itu gelap maupun terang. Tinggal bagaimana kita mengambil warna apa untuk mewarnai kehidupan kita. Semua orang mempunyai wrna hidupnya masing-masing. Jangan takut untuk mengambil warna untuk mewarnai hidup kita. Toh, kalau kita gagal dalam menghadapi sesuatu itu bukan akhir dari segalanya kan? Jadi, jangan takut akan masalah. Karena masalah adalah sesuatu yang akan mengantarkan kita terhadap warna-warni hidup. Entah sedih atau bahagia. Senyumlah menghadapi kehidupan maka kehidupan akan tersenyum kepada kita. SEMANGAT!!!

Khalida Putri Firdausi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar