Jumlah Fans

Senin, 07 Maret 2011

Kaya karena Yakin



Kesuksekan merupakan sebuah pilihan yang selau menjadi impian setiap orang. Sukses adalah menjadi kaya. Orang yang sukses dalam berdagang pasti kaya harta. Mereka yang sukses dalam belajar pasti kaya ilmu dan yang sukses dalam bergaul pasti kaya teman. Berapa banyak orang yang bercita-cita untuk menjadi orang yang sukses? Semua orang. Berapa banyak orang yang sukses menggapai cita-citanya? Sangat banyak. Berapa banyak pula orang yang stress lalu bunuh diri karena gagal meraih kesuksesan? Jauh lebih banyak. Sebenarnya, apa yang salah dengan orang-orang ini? Sebagian besar dari mereka punya keinginan, mimpi, bahkan kecerdasan. Namun, salah satu hal yang mungkin belum mereka miliki adalah keyakinan.
Keyakinan sangat menentukan masa depan kita. Jadi untuk meraih kesuksesan, arahkan hati kita untuk memiliki impian indah tentang kesuksesan. Kemudian, otak akan memprosesnya dan memerintahkan pancaindera untuk mewujudkan keberhasilan yang kita impikan. Ketika kita mampu mengarahkan keyakinan kita hanya pada hal-hal yang positif, itulah yang akan kita dapatkan dan sebaliknya. Mereka yang sukses mampu memberdayakan potensi kekuatan hatinya untuk meraih prestasi puncak dalam karir dan kehidupannya.
Beberapa tahun yang lalu, ada seorang mahasiswa yang berkuliah di fakultas kedokteran. Ketika dia berusia sembilan belas tahun, dia memulai usahanya sebagai seorang sales komputer. Dia merakit dan menjual komputer di kampusnya. Namun, dia dikeluarkan dari kampusnya karena terlalu sibuk dengan pekerjaannya. Apakah dia putus asa? Tidak. Dalam waktu yang relatif singkat, dia berhasil mengembangkan usahanya dan menguasai penjualan PC di dunia. Pada akhirnya, dia mampu membangun perusahaannya sendiri dan mengalahkan perusahaan raksasa di bidang computer yang telah berumur puluhan tahun. Karena keberhasilannya, dia yang berumur 29 tahun sudah tercatat dalam daftar 100 orang terkaya di dunia. Siapakah orang yang sukses ini? Dialah Michael Dell, seorang pendiri dan pernah menjadi CEO perusahaan komputer raksasa “Dell” yang memproduksi PC (Personal Computer) dan Notebook. Sekarang, dia menjabat sebagai ketua dewan dengan harta kekayaan bernilai puluhan milyar dolar.
Mengapa Michael Dell mampu meraih prestasi yang sangat luar biasa? Dia memiliki keyakinan untuk berhasil. Dia memunyai keyakinan yang kuat bahwa dia mampu menjadi yang terbaik dan mampu meraih keberhasilan yang diinginkannya. Meskipun ia memulai usaha pada usia yang masih sangat muda, belum memiliki banyak pengalaman, hal ini tidak membuatnya takut gagal atau takut bersaing dengan perusahaan yang lebih hebat. Baginya, usia muda berarti memiliki waktu yang lebih panjang untuk mencoba dan berhasil, memiliki kesempatan yang lebih besar untuk menjadi yang terbaik. Itulah keyakinan yang mampu menciptakan motivasi dalam meraih keberhasilan. Keyakinan atas peluang yang telah dia lihat, kerja yang bisa dia perbuat, dan kesuksesan yang akan dia dapatkan. Keyakinan ini pula yang mendorongnya sepanjang jalan untuk mengatasi setiap kesulitan yang menghadang dalam mewujudkan kesuksesan.
Apa yang harus kita lakukan untuk menumbuhkan keyakinan tersebut? Pada dasarnya, keyakinan itu sudah ada dalam hati setiap orang. Kuat lemahnya keyakinan tergantung pada usaha kita untuk memperkuatnya. Salah satunya adalah dengan belajar, mencari ilmu pengetahuan, seperti meyakini bahwa bumi, bulan, dan matahari berputar pada porosnya dalam garis edar keseimbangan. Kita meyakini karena teorinya mengatakan demikian. Keyakinan juga bisa kita dapatkan dari pengalaman yang tercipta ketika kita sudah melakukan, membuktikan, dan melihatnya sendiri atau dengan referensi dari mereka yang berhasil dalam hidupnya. Seperti belajar bersepeda, kita tidak akan putus asa ketika kita jatuh. Kita tetap bangun dan mencoba kembali. Mengapa? Kita yakin karena kita sering melihat orang-orang di sekitar kita berlalu lalang dengan bersepeda.
Kegagalan juga sangat diperlukan untuk memperkuat keyakinan kita. Dengan kegagalan, kita akan semakin yakin, lebih terlatih untuk mengenali jalan-jalan berkerikil, dan lebih berhati-hati ketika melewatinya. Tahukah anda? Seorang superhero yang terkenal, Batman, selalu mengingat kata orang tuanya ketika dia putus asa dalam kegagalannya. Orang tuanya berkata, “Why do we fall? So we can learn to get up.” Saat seorang panglima akan berperang dan melihat pasukan musuh lebih banyak, dia bertanya kepada salah satu pasukannya, seekor tikus yang sangat bersemangat, “Mengapa kau sangat yakin bahwa kita akan memenangkan perang ini? Pasukan kita sangat sedikit.” Lalu tikus itu menjawab, “Kita tidak punya cukup pasukan, tapi kita akan menang karena kita memunyai keyakinan.” Pada akhirnya, keyakinan tikus ini membuat pasukannya memenangkan perang itu.
Sudahkah kita memiliki keyakinan bahwa kita memiliki potensi untuk meraih kesuksesan seperti tikus tadi? Arahkanlah pilihan hati hanya pada keyakinan positif! Salah satunya dengan
mencontoh pengalaman mereka yang sukses. Belajar dari mereka yang sukses ujian nasional, sukses SNMPTN, sukses dalam kuliahnya, dan sukses dalam pekerjaannya, mejadi dokter, polisi, programmer, professor, bahkan guru yang sukses, serta sukses dalam ibadah dan kehidupannya. Mari belajar menjadi pribadi yang positif, berkualitas, berani meraih kesuksesan, dan menghasilkan karya terbaik bagi semua orang. Semoga kita semua berhasil dalam segala hal yang kita kerjakan, UNAS, SNMPTN, dan dunia akhirat! SEMANGAT !!!




Oleh: Jannatun C D (06)

1 komentar: